Pengenalan Dasar PHP 1
11th May 2016
Pengenalan Dasar PHP 2 – Syntax
31st May 2016
Show all

Wide Dynamic Range

Wide-dynamic-range

Secara umum, kamera analog apabila dipasang menghadap arah cahaya datang langsung akan menyebabkan gambar yang ditampilkan menjadi overexposed yang dimana objek yang ingin disorot akan menjadi gelap tidak kelihatan jelas. Kamera analog pada umumnya hanya menggunakan teknologi auto iris yang digunakan untuk menyesuaikan pembukaan iris untuk cahaya kurang atau lebih ke CCD Chip atau AES utuk menyesuaikan cahaya per detik per frame video.

Dikarenakan kamera analog konvensional memiliki keterbatasan sensitivitas sensor cahaya sebagai solusi untuk mengatasi kondisi tersebut maka diciptakan sebuah teknologi WDR (Wide Dynamic Range)

Dynamic Range

Pencitraan sebuah objek yang ditangkap oleh sensor sangat dipengaruhi oleh banyaknya intensitas cahaya yang dipancarkan dan dipantulkan oleh objek tersebut. Satuan ukuran untuk intensitas cahaya adalah Lux.
Pada kondisi nyata, pencahayaan disatu area dengan area lainnya akan sangat jauh berbeda walaupun dalam pengawasan yang sama. Sebagai contoh pencahayaan untuk area outdoor pada hari yang cerah dapat mencapai 100.000 Lux, sementara itu apabila di dalam ruangan dan cahaya memancar ke meja, pencahayaan yang terdapat pada meja dapat mencapai 10.000 Lux dan area bayangan pada bawah meja hanya 10Lux.

Apabila kita ingin mendapatkan tampilan gambar yang bagus sehingga dapat membedakan area gelap dan pantulan cahaya dari benda, maka rentang yang dibutuhkan adalah sekitar 10.000/0.2 = 50.000 kali yang dimana hal ini sama dengan rentang dinamis 16bit (94db). Namun kebanyakan sensor gambar yang umum digunakan saat ini tidak dapat mencapai rentang tersebut. Rentang dinamis sensor CMOS pada umumnya hanya sekitar 12bit (72db) sehingga apabila digunakan pada area tersebut, maka akan detail gambar yang ditangkap oleh kamera menjadi tidak jelas.

Apa Solusinya?

Pencitraan sebuah objek akan terkendala apabila sensor gambar sulit menangkap objek yang ada dikarenakan pancaran cahaya yang berlebih sehingga sensor gambar akan sulit untuk membedakan mana area gelap, pantulan cahaya dari sebuah benda, dan pencahayaan langsung dari sinar matahari.

Sebagai solusi untuk mengatasi ini maka diciptakan sebuah fitur yang disebut Wide Dynamic Range. Kamera yang sudah dilengkapi fitur tersebut, dapat menggabungkan gambar dengan eksposure singkat (untuk area terang) dan eksposure panjang (untuk daerah gelap) sehingga kamera dapat menangkap benda yang ada pada kedua area tersebut dengan jelas. Berikut gambar perbedaan tampilan kamera yang tidak dilengkapi fitur WDR dan yang sudah dilengkapi fitur WDR:

WDR

Bagi anda yang berminat mengimplementasikan fitur WDR berikut baik di rumah, kantor, gudang, ataupun toko anda, silahkan dapat menghubungi kami di kontak yang tertera dibawah halaman web. Kami siap melayani anda.

Source:

1. http://www.idealcctv.co.uk/wdr-what-wide-dynamic-range
2. http://overseas.hikvision.com/en/Press-Release-details_90_i908.html
3. overseas.hikvision.com/upload/20140901174925478.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di website kami, ada yang bisa kami bantu?
Send via WhatsApp
Whatsapp 1
Whatsapp 2 (Fast Respond)